Cara Reset Pasar Online

Lakukan survey atau riset pasar online untuk membantu perkembangan bisnis online Anda agar bisnis tetap bertahan dan menang.

Tidak hanya mencari tahu produk apa yang diinginkan di pasaran namun penting bagi pelaku bisnis online untuk selalu meriset pasar. Riset pasar berfungsi untuk mengetahui seberapa besar permintaan pasar terhadap produk yang dipasarkan dan bisa  mengetahui siapa – seberapa berat tingkat persaingan sehingga bisa koperatif.
Bagaimana caranya?
Ada cara sistematis yang telah diformulasikan  Bapak Joko Susilo, seorang pakar internet marketer terkemuka di Indonesia, bahwa meriset pasar  bisa dilakukan tidak lebih dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Riset Pasar Online

Langkah Pertama – Cara Meriset Pasar

Serius mengamati  situasi pasar

Caranya :
  • Follow up informasi terbaru terkait produk yang dipasarkan. Anda bisa gunakan Google Alert untuk mendapatkan kemudahan saat melakukannya. Baca : Google Alert dan Keunggulannya
  • Amati dan pelajari gaya promosi serta pelayanan dari  merchant-merchant yang memiliki angka penjualan yang paling baik. Akan lebih baik jika Anda mencoba berbelanja kepada mereka untuk merasakan seperti apa pelayanan dan produknya.

Langkah Kedua

Ukur permintaan produk

Caranya :
  • List kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan produk Anda, seperti brand-brand terkenal dengan produk yang sejenis.
  • Gunakan mesin pencari kemudian masukkan brand-brand tersebut dalam Keyword Selector Tool dan enter.
  • Lihat urutan brand dari yang paling banyak dicari sampai dengan yang paling sedikit di mesin pencari.  Dengan begitu Anda bisa tahu seberapa besar tingkat permintaan pengunjung dengan chart tersebut.

Langkah Ketiga

Cek persaingan antar penjual

Caranya:
  • Mencari tahu jumlah pesaing yang sudah beriklan di Google. Anda bisa gunakan Paid Search Listings, seperti mesin pencarian milik Google, yahoo dll. Terletak di pojok kanan dengan tulisan “Sponsored Results” Kemudian masukan keyword terkait maka hasil  pencarian tersebut akan melampirkan informasi beberapa pesaing  yang sudah beriklan dan melakukan penawaran. Akan lebih baik lagi jika Anda memasukkan keyword yang lebih  spesifik, jadi Anda bisa tahu persis berapa jumlah pesaing yang ada.
  • Gunakan Search Listings Biasa. Cara ini sama seperti saat Anda menggunakan mesin pencari biasa. googling dengan memasukkan keyword  dan tekan enter. Kemudian Anda bisa melihat beberapa tampilan disertai icon ‘Ad’, artinya hasil pencarian tersebut sudah menggunakan iklan adwords.